Selasa, 04 Desember 2012

PENCANANGAN GERAKAN PENANAMAN 1 MILYAR POHON TAHUN 2012 DI KABUPATEN TULUNGAGUNG


Pada hari Selasa tanggal 4 Desember 2012 telah dilaksanakan kegiatan Pencanangan Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon Tahun 2012 Kabupaten Tulungagung bertempat di sekitar sumber mata air Banyu Uripan Desa Sidomulyo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung.


Salah Satu Poster Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon

            Acara ini dihadiri oleh Bupati Tulungagung Bapak Ir.Heru Tjahjono, Wakil Bupati   Moh.Athiyah, SH beserta para kepala SKPD dan para istri, unsur Muspida Kabupaten Tulungagung, segenap unsur masyarakat baik dari pelajar, anggota Pecinta Alam, masyarakat petani, perangkat desa, PNS, TNI dan PolRI.
Tidak ketinggalan para Penyuluh Kehutanan Lapangan (PKL) BKPP Kabupaten Tulungagung berpartisipasi aktif pada acara ini, baik dalam pelaksanaan penanaman bibit di lokasi maupun  melakukan pembagian bibit gratis kepada masyarakat yang berminat. 



 Para PKL BKPP Kabupaten Tulungagung di Lokasi Pembagian Bibit Gratis

            Acara dimulai sekitar pukul 06.30 meski sejak pukul 05.30 sudah banyak peserta yang hadir di lokasi kegiatan.
            Kedatangan Bupati Tulungagung beserta rombongan disambut tarian Reog dari para pelajar yang telah disiapkan.  Di depan tenda pencanangan, Bupati berdiri berjajar bersama segenap unsur Muspida Kabupaten Tulungagung, para kepala SKPD beserta istri, berhadapan dengan para peserta kegiatan yang berdiri dengan penuh antusias untuk mengikuti kegiatan.


Bupati Tulungagung di Lokasi Pencanangan

        Setelah sambutan dan laporan dari Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tulungagung, Ir.Agus Imam M.W.Diat., Bupati Tulungagung memberikan sambutan singkat sekaligus membuka kegiatan dengan ditandai pemukulan kentongan, dilanjutkan pemberian bantuan sembako simbolis kepada 10 keluarga tidak mampu mewakili 50 keluarga tidak mampu penduduk Desa Sidomulyo, Kecamatan Gondang. Kemudian dilakukan penanaman bibit  oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, para kepala SKPD beserta istri, para kepala instansi swasta dan para peserta kegiatan (lihat videonya di bawah), serta penebaran benih ikan  ke kolam sumber mata air Banyu Uripan.


Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tulungagung Ir.Agus Imam M.W.Diat. Menyampaikan Sambutan dan Laporan Pelaksanaan Kegiatan


Sambutan Bupati Tulungagung Sekaligus Membuka Pencanangan Gerakan


Penanaman Secara Simbolis Bibit Tanaman Jambu Jamaika oleh Bupati Tulungagung

            Pada acara ini Bupati, Wakil Bupati  dan Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung juga menyempatkan diri menorehkan kuas pada kanvas panjang berisi lukisan ajakan mensukseskan kegiatan Penanaman 1 Milyar Pohon.

Lukisan Master Piece-nya Pak Bupati

            Acara ditutup dengan ramah tamah dengan suguhan hiburan angklung dari para pelajar anggota Saka Wana Bakti SMKN 1  Tulungagung dan electone.


Bekerjasama Menanam Pahala, Kolaborasi PKL dan Bapak Petani

            Selama acara berlangsung, bibit tanaman gratis yang disediakan panitia dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tulungagung sukses dibagikan kepada masyarakat yang berminat menanam hingga tidak bersisa. Bahkan ada petani yang tidak kebagian bibit karena datang menjelang acara berakhir.   Sebuah pertanda bahwa kesadaran menanam  pohon pada masyarakat petani Tulungagung benar-benar telah muncul, rupanya semboyan “Banyak Pohon Banyak Rejeki” telah menjadi semboyan yang disadari oleh masyarakat. Menurut salah satu  anggota panitia, sebanyak 6.000 bibit tanaman berbagai jenis disediakan pada acara ini.


Sukses Membagi Bibit, Acungan Jempol Buat Para PKL BKPP Tulungagung

VIDEO SUASANA  KEGIATAN PENANAMAN 

*****

Penulis           :  Wido Nugroho, SP (PKL Kec.Pagerwojo, Kab.Tulungagung)
Editor             :  Rasidi, SP (Koordinator Supervisor Penyuluh BPP Pagerwojo, Kab.Tulungagung)



Tidak ada komentar: