Senin, 12 Maret 2012

KAJI TINDAK Sebagai Sarana Meningkatkan Pendapatan Petani


Program pemberdayaaan petani melalui teknologi  dan informasi pertanian
( P3TIP/ FEATI ),  dilaksanakan dengan pendekatan belajar sambil berusaha dengan menitik beratkan pada pengembangan kapasitas manajerial, kepemimpinan, dan kewirausahaan agribisnis yang handal di pedesaan.  Untuk meningkatkan kapasitas penyuluh dalam pendampingan P3TI/FEATI diperlukan adanya metode yang terbaik yaitu dengan kegiatan kaji tindak.

Dari data komoditi yang diusahakan petanidi Kecamatan Pagerwoojo, tanaman jagung merupakan tanaman yang paling luas di wilayah kecamatan/  BPP Pagerwojo, sehingga sangat menumbang penyediaaan makanan non beras, tetapi produksi jagung di BPP Pagerwojo masih rendah karena sistem tanamnya kebanyakan masih masih tumpang sari dengan ketela pohon atau padi gogo, sehingga jarak tanam masih terlalu jarang dan bila dilakukan secara monokultur jarak tanaman masih belum sesuai dengan anjuran. 
Untuk meningkatkan produksi jagung tersebut perlu diadakan kaji tindak guna mengetahui  jarak tanam yang paling cocok dan mempunyai potensi produksi yang tinggi. Adapun  jarak tanam yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :
A.                 Jarak tanam    20 x 70 cm dengan 1 ( satu ) biji per lubang
B.                 Jarak tanam    40 x 70 cm dengan 2 ( dua ) biji per lubang
C.      Jarak tanam  jajar legowo20 x 50 x 100 cm dengan 1 ( satu ) biji / lubang
Dari pelaksanaan kaji tindak tersebut akan dilakukan kajian  jarak tanam yang paling cocok dan mempunyai  produksi yang paling tinggi.
Disamping itu pemahaman para penyuluh pertanian di BBP Pagerwojo tentang tanaman jagung masih belum merata sehingga dengan melakukan kaji tindak ini kemampuan dari penyuluh akan meningkat dan memahami tentang cara budidaya tanaman jagung yang lebih baik.
Disamping tanaman jagung tanaman ubi jalar juga banyak diusahakan oleh para petani di Kecamatan Pagerwojo, para petani sebagian besar menanam dengan jenis / varietas local dengan tinkat produksi yang masih rendah, peluang untung meningkatkan produksi ubi jalar dilakukan dengan kajian terhadap varietas ubi jalar yang sesuai dengan spesifik local Kecamatan Pagerwojo.
Untuk mengetahui varietas yang sesuai dengan kondisi wilayah Kecamatan Pagerwojo diadakan kaji tindak pemilihan varietas ubi jalar sebagai berikut :

a.                   Varietas PAPUA PATIPPI
b.                   Varietas SAWENTAR
c.                   Varietas BETA 2
d.                  Varietas RIS 03065-03
Dari hasil kaji tindak ini diharapkan para petani serta penyuluh pertanian dapat menentukan varietas ubi jalar yang paling cocok untuk wilayah binaan masing – masing. ( cak Die )

Foto Kegiatan Kaji Tindak



















































Tidak ada komentar: